Pengikut

BAHAYA: Negative SEO

/
0 Comments

Kali ini gue mau bahas tentang tehnik SEO (Search Engine Optimization). Tapi kali ini pembahasannya gue fokusin tentang Negative SEO dan pengaruhnya sama blog kita. Namanya juga negative, tentu efeknya negatif dong? Terus kenapa dibahas? Apa ada gunanya? Ada dong. Tehnik ini digunakan buat nyerang blog saingan kita, intinya biar blog saingan kita turun rating SEO nya di mata Search Engine. Dari yang tadinya nongol di halaman pertama pencarian, setelah diserang jadi mundur ke halaman sekian, atau bahkan hilang dari peredaran. Buset serem kan?

Jangan seneng dulu, di sini gue ga ngasih tutorial atau cara-cara melakukan tehnik penyerangan tersebut, karena itu tindakan yang sungguh sangat tidak terpuji dan merupakan cara curang. Dan perbuatan curang hanya dilakukan oleh pengecut. Dan alasan utama gue ga ngasih tutorialnya adalah karena emang gue ga tau caranya :P

Sebenarnya banyak caranya kalo dicari di google atau selancar di forum-forum blackhat, dan beberapa ada yang benar-benar efektif dan maknyuss. Blog korban bisa kena penalty dan masuk Google Sandbox.



Tentang Blackhat SEO

Blackhat SEO merupakan strategi menggunakan jalan pintas dalam melakukan optimisasi SEO. Apa yang dimaksud dengan jalan pintas di sini? Misalnya, dari banyaknya strategi optimisasi SEO, ada yang namanya link building. Di situ kita mencari backlink-backlink yang berkualitas agar kualitas konten blog kita dinilai bagus di mata search engine, sehingga diletakkan di halaman pertama pencarian.

Banyak cara yang dilakukan dalam menncari backlink, cara yang baik misalnya dengan tukar link, komentar di artikel situs-situs ber PR tinggi, menaruh link dalam postingan forum-forum, atau bahkan membeli backlink. Lalu bagaimana jika ada cara untuk memperoleh backlink secara otomatis dan dalam jumlah yang banyak dalam waktu singkat? Cara inilah yang disebut jalan pintas.



Negative SEO

Oke, kita tahu tentang apa itu tehnik blackhat, lalu bagaimana praktiknya? Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan program buatan untuk menaruh link-link kita secara otomatis dan serentak misalnya dalam komentar-komentar artikel situs, e-mail, dsb. Cara ini dikategorikan spam. Dahulu cara ini sangat efektif, dan berdampak positif bagi blog kita, sehingga blog yang masih seumur jagung pun dapat langsung melesat ke halaman pertama pencarian google. Namun, mesin-mesin pencari saat ini telah menindak tegas pengguna cara-cara seperti ini dengan membuat algoritma-algoritma mesin pencari yang membuat link-link semacam ini buruk nilainya, sehingga bukannya berdampak positif, malah berdampak negatif. Efeknya, artikel-artikel blog bisa hilang dari mesin pencari (deindex) atau blog masuk dalam google sandbox, yang intinya google menganggap konten-konten blog tersebut adalah konten spam yang tidak bermanfaat dan tidak bagus untuk disajikan kepada para pencari informasi.

Nah, kita tahu sekarang bahwa cara tersbut tidak berdampak bagus bagi blog kita, namun sebaliknya. Maka cara tersebut dapat digolongkan dalam negative SEO.



Negative SEO Attack

Apapun yang berdampak negatif, tentu kita tidak akan menggunakannya untuk kita sendiri. Misal kita menyalakan petasan, setelah petasan nyala, pasti kita lempar, masa dipegang, gosong tangan kita. Terus bagaimana kalau abis nyalain petasan, ada orang yang kita benci lewat, yaudah lemparin aja ke dia, baaaarrr!!! Mampus dah :D

Nah, bagaimana kalo dampak dari negative SEO bisa kita kasih ke blog saingan atau musuh kita? Tehnik inilah yang disebut Kagebunshin No Jutsu Negative SEO Attack. Caranya bermacam-macam, salah satunya ya dengan menggunakan program tadi, tapi blog korban lah yang dijadikan sasarannya.



Jadi, kita udah tahu apa itu blackhat SEO, apa itu negative SEO, dan apa itu negative SEO attack. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Sayangnya gue ga ngerti caranya, atau mungkin nanti gue update lagi artikel yang membahas masalah ini.

Sebenarnya tehnik serangan ini sudah dialami oleh blog saya. Jadi, blog saya yang umurnya belum ada seminggu, suatu hari mendapatkan pageview yang tidak lazim jumlahnya. Awalnya sih seneng, tapi setelah ditelusuri, traffic source nya ternyata bukan dari mesin pencari ataupun dari hasil blogwalking, melainkan dari situs atau forum yang tidak jelas. Dan benar juga, angka yang menakjubkan tersebut langsung turun drastis keesokan harinya.

Saya sih tidak mempermasalahkannya, karena blog itu memang masih sangat baru, kalaupun kena sandbox bisa dengan mudah keluar lagi dengan terus update artikel-artikel yang berkualitas. Toh algoritma google yang sekarang lebih menilai suatu situs berdasarkan kualitas konten dan kemudahan informasi yang didapatkan dari pengunjung, CMIIW. Semoga bermanfaat.

"Jangan pernah merasa tinggi dengan menginjak-injak orang lain."


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.